5 Manajer Sepak Bola Paling Sukses di Dunia

manajer-sepak-bola

MANAJER SEPAK BOLA PALING SUKSES – Berbicara sepak bola memang tidak ada habisnya, jika sebuah klub mencapai kesuksesan hal yang paling dilihat adalah siapa sosok di belakang tim tersebut, maka tidak heran manajer yang sukses membawa trophy untuk klubnya akan dipuja-puja.

Jika manajer atau pelatih yang gagal, tidak jarang juga mendapat pelakuan tidak hormat seperti halnya Claudio Ranieri dimana dalam sekejab membawa sejarah untuk Leicester City dan hanya dalam sembilan bulan berikutnya dia juga langsung ditendang.

Tapi berbicara prestasi sepertinya tidak mungkin lepas dari 5 manajer paling sukses dibawah ini yang selain memberikan trophy bagi klubnya juga mengubah sejarah di klub yang ditanganinya.

5. Carlo Ancelotti

carlo-ancelotti

Sukses membawa AC Milan berjaya di Eropa dalam enam musim melatihnya membawa Ancelotti menjadi manajer yang disegani di Eropa. Mantan gelandang AC Milan ini melatih I Rossoneri dari 2001 hingga 2007 dan prestasi terbaik yang diraih adalah dua kali juara Liga Champions dan salah satu manajer yang memperkenalkan taktik formasi 4-3-2-1 di AC Milan.

Sentuhan Ancelotti di AC Milan sangat dirasakan Andrea Pirlo, bagaimana Ancelotti mengubah posisi permainannya sebagai seorang playmaker menjadi gelandang jangkar.

Selain mempersembahkan trophy untuk AC Milan, manajer yang belum lama ini merayakan 1000 pertandingannya juga memberikan gelar Liga Champions saat melatih Real Madrid. Sementara di Chelsea dan PSG, dia melabuhkan gelar liga di musim pertamanya.

4. Jose Mourinho

jose-mourinho

Manajer yang selalu menjuluki dirinya Special One ini terlihat selalu sebagai manajer yang arogan dan keras, namun di balik sifat dinginnya tersebut, sulit untuk tidak mengatakan bahwa Mourinho adalah salah satu manajer tersukses yang ada saat ini.

Kariernya dimulai saat menjadi asisten manajer Bobby Robson dan Louis van Gaal, nama Mourinho mulai dikenal saat membawa FC Porto menjadi juara Liga Champions 2003-2004. Kesuksesan tersebut membawa dia menangani Chelsea yang saat ini baru saja dibeli oleh Roman. Bersama Chelsea, Mourinho memberikan gelar juara Liga Inggris di musim pertamanya dan merupakan penantian selama 50 tahun Chelsea.

Namun, prestasi terbaiknya adalah saat menangani Inter Milan di Liga Serie A Italia. Pada musim 2009/10, dia membawa Inter meraih treble winners, memenangkan tiga gelar sekaligus: Liga Italia, Piala Italia, dan Liga Champions.

3. Josep Guardiola

josep-guardiola

Bicara prestasi dalam waktu singkat, mungkin hanya Guardiola, salah satu manajer paling galak di dunia sepak bola, yang menjadi satu-satunya manajer yang meraih semua trophy bergengsi hanya dalam kurun waktu 4 tahun awal karier kepelatihannya. Saat mulai dari Barcelona, di musim perdana melatih, dia sukses menangkan 6 trophy sekaligus untuk Messi dkk.

Mantan gelandang Barcelona ini juga memberikan dua gelar Liga Champions di musim-musim berikutnya dan kepindahannya di Bayern Muenchen juga memberikan gelar liga selama 3 musim berturut-turut.

Jika selama ini semua beranggapan Guardiola sukses karena tim yang ditanganinya sudah merupakan tim yang matang, maka ujian sebenarnya ada di Liga Premier Inggris saat menangani Manchester City dan saat ini berhasil lolos ke Liga Champions musim depan dan mungkin baru kali ini selama kariernya, di musim perdana, Guardiola tanpa gelar apa pun bersama Man City.

2. Bob Paisley

bob-paisley

Jika ada orang yang sangat dipuja di Liverpool dan merupakan pencetak sejarah dalam klub sepak bola asal kota pelabuhan di Inggris tersebut, maka orang tersebut adalah Bob Paisley. Paisley mencetak sejarah dengan memberikan 19 gelar untuk Liverpool selama sembilan tahun.

Di bawah asuhan Paisley, di era 1970-1980-an, Liverpool merajai Liga Premier Inggris dengan memenangkan enam gelar liga. Tak hanya itu, di Eropa, The Reds memenangkan tiga gelar Liga (Piala) Champions dalam kurun waktu empat tahun! Sebuah prestasi yang membuat suporter Liverpool tak ragu menyematkan gelar “legenda” kepada Paisley.

1. Sir Alex Ferguson

alex-ferguson

Rasanya tidak ada yang bisa menyamai apa yang diberikan Sir Alex Ferguson kepada Manchester United, selain memberikan gelar, dia juga mengubah sejarah menjadikan Manchester United sebagai klub sepak bola terkaya di dunia.

Secara keseluruhan, Manchester United meraih 38 gelar dalam 27 tahunnya bersama Red Devils yang akhirnya menjadikan Manchester United peraih titel juara Liga Premier Inggris terbanyak dalam sejarah, mengalahkan Liverpool.

Salah satu kemampuan Ferguson yang diakui dunia adalah menemukan talenta muda berbakat seperti Cristiano Ronaldo yang menjadi terkenal sebagai pemain terbaik dunia dan bisa dikatakan musim terbaik Ferguson bersama MU adalah saat mengantarkan Setan Merah meraih treble winners di musim 1998/99.

Ferguson juga dikenal sebagai pelatih yang melahirkan “The Class ’92”, yang terdiri dari bintang-bintang muda MU yang kemudian jadi legenda bukan saja di MU tetapi di dunia. Sebut saja David Beckham, Paul Scholes, Ryan Giggs, serta Neville bersaudara.

Summary
Review Date
Reviewed Item
5 Manajer Sepak Bola Paling Sukses di Dunia
Author Rating
51star1star1star1star1star