Penyerang Terburuk Sejarah Liga Inggris

penyerang-terburuk

BERITA LIGA INGGRIS – Mungkin tidak terbayangkan sebelumnya di Liga paling kompetisi di dunia, Liga Inggris masih tercatat satu penyerang terburuk dalam sejarah Liga Inggris yang berhasil tampil selama 20 menit pada kompetisi Liga Utama Inggris.

Tidak terbayangkan mungkin Graeme Souness, manajer Southampton, pada November 1996 mendapat sebuah telepon di Markas Southampton dan diujung suara terdengar seseorang mengenalkan dirinya adalah George Weah.

Pelatih Southampton itu sempat tertegun sekejap, sebelum akhirnya membalas sapaan sang legenda sepak bola Afrika. Pembicaraan pun berlangsung cair, hangat. “George Weah” dalam pembicaraan itu merekomendasikan “sepupunya” yang berasal dari Senegal. Ali Dia namanya. “Weah” menyebutnya sebagai penyerang berbakat di Afrika.

Ali Dia, kata “Weah” pernah membela klub elite Prancis, Paris Saint Germain (PSG). “Weah” juga menuturkan bahwa Ali Dia pernah 13 kali membela tim nasional Senegal. “Weah” pun meminta Souness memberi Ali Dia kesempatan untuk uji coba alias trial.

Baca juga :

Pemain Sepak Bola Termahal Dunia

Souness seperti tidak tersadar, dalam sekejap, mantan bintang Liverpool ini langsung memberikan Ali Dia sebuah kontrak selama satu bulan tanpa sekalipun melihatnya bermain, keterbatasan informasi pada masa itu hanya berdasarkan nama besar George Weah, yang memenangkan Serie A bersama AC Milan dan sukses juga di PSG.

Malang bagi Southhampton, Souness bahkan tidak tahu bahwa yang menelepon bukanlah George Weah melainkan teman dari Ali Dia yang jelas-jelas menipu dan tanpa berpikir panjang, Ali Dia terbang ke Inggris sebagai seorang penyerang Liga Utama Inggris.

Entah apa yang ada dibenak Souness, para pemain Southampton sudah menyadari saat Ali Dia mengikuti sesi latihan sehingga para pemain kebanyakan menolak Ali Dia untuk ikut serta dalam memperkuat Southampton namun hingga saat itu, Souness masih belum menyadari.

Akhirnya pada 23 November 1996, apa yang ditakutin benar-benar terjadi. Ali Dia diturunkan dalam laga melawan Leeds United yang ketika itu secara kebetulan banyak pemain Southampton yang cedera yang pada akhirnya Souness memasukkan dalam list cadangan.

Baca juga :

AGEN JUDI BOLA SBOBET

Saat pertandingan berjalan ke menit 32, penyerang bintang Southampton, Matthew Le Tissier, cedera. Souness tak punya pilihan selain menurunkan Ali Dia menggantikan Le Tissier. Dan, ini menjadi laga pertama sekaligus terakhir Ali Dia membela Southampton.

Hasilnya bisa ditebak, Ali Dia tidak tahu apa yang dia lakukan di lapangan, hanya kesana kemari tanpa tahu yang harus dilakukan, supporter mencemoohnya, Souness sangat geram dan dua puluh menit kemudian Ali Dia ditarik dari lapangan.

Penampilan buruk ini bagaikan mimpi bagi Southampton, “Penampilannya benar-benar buruk. Dia menggantikan saya. Tapi, dia tak tahu posisi mana yang harus dia mainkan,” ujar Le Tissier. “Rasanya dia tidak bisa bermain bola.”

Ali Dia mendapatkan ganjarannya, dipecat keesokan harinya, dan kemudian Ali Dia bergabung dengan klub amatiran dan sempat mencetak dua gol dalam delapan kali penampilan.

Majalah bergengsi Times menempatkan Ali Dia di urutan pertama dalam daftar 50 pemain terburuk di dunia, dan pastinya Ali Dia berhasil menorehkan kesan, dan tentunya bukan kesan baik melainkan kesan yang mencoreng Southampton.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Penyerang Terburuk Sejarah Liga Inggris
Author Rating
51star1star1star1star1star